Latest News

RADEN AJENG KARTINI

RADEN AJENG KARTINI





Lahir     : Jepara,21 April 1879
Wafat    : Rembang,17 Semtember 1904
Makam  : Rembang

Raden Ajeng Kartini (RA. KARTINI) adalah putri kelima dari 11 bersaudaraputra putri R.M. Ario Sosroningrat,sorang adipati di Jepara.Pada usia 12-16 Tahun Kartini hidup dalam pingitan.Pada masa masa inilah Kartini menghabiskan waktunya dengan membaca dan menulis surat kepada sahabat- sahabatnya di negeri Belanda.

Kartini aktif memperjuangkan cita- citanya untuk mewujudkan persamaan hak pria dan wanita.Dia mendirikan sekolah untuk anak-anak gadis dikota kelahiranya,setelah menikah pada 8 November 1903 dengan bupati Rembang,R.Adipati Joyodiningrat .Dia juga mendirikan sekolah untuk wanita di Rembang atas izin suaminya.

Kartini wafat pada usia masih amat muda(Lebih kurang 25 Tahun usianya),4 hari setelah melahirkan anak pertamanya RM Susalit tanggal 17 September 1904.

Oleh sahabatnya J.H. Abendanon,106 pucuk surat Kartini diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul Door Duistenis Tot licht yang diterjemahkan oleh Armijn Pane dengan judul Habis Gelap Terbitlah Terang.Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya,tanggal kelahiranya(21 April) diperingati Sebagai Hari Kartini.Selain itu berdasarkan SK Presiden RI No.108/1964,Kartini dianugerahi gelar Pahlawan Kemerdekaan Nasional.



SUMBER